Jumat, 07 Mei 2010

MAKAM YUSUF YANG INGIN DI AKUI OLEH MUSLIM DAN UANG LOGAM MEMBUKTIKAN KEBENARAN ALKITAB


Selalu ada cerita menarik yang bisa diambil dari Alkitab. Salah satunya tentang makam Yusuf. Yusuf meninggal di negeri orang Mesir, Yusuf kemudian berpesan kepada anak – anak Israel, agar mereka membawa tulang – tulangnya ke Israel

Kejadian 50:24-26:
Berkatalah Yusuf kepada saudara-saudaranya: "Tidak lama lagi aku akan mati; tentu Allah akan memperhatikan kamu dan membawa kamu keluar dari negeri ini, ke negeri yang telah dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub."
Lalu Yusuf menyuruh anak-anak Israel bersumpah, katanya: "Tentu Allah akan memperhatikan kamu; pada waktu itu kamu harus membawa tulang-tulangku dari sini."
Kemudian matilah Yusuf, berumur seratus sepuluh tahun. Mayatnya dirempah-rempahi, dan ditaruh dalam peti mati di Mesir.


Setelah orang Israel ditindas di mesir, Allah mendengar Doa mereka dan membawa mereka keluar dari Mesir dipimpin Musa dan harun. Orang Israel, tidak lupa membawa tulang-tulang Yusuf bersama mereka.

Dalam Keluaran 13:19
Musa membawa tulang-tulang Yusuf, sebab tadinya Yusuf telah menyuruh anak-anak Israel bersumpah dengan sungguh-sungguh: "Allah tentu akan mengindahkan kamu, maka kamu harus membawa tulang-tulangku dari sini."


Tulang – tulang Yusuf kemudian dikuburkan:

Tulang-tulang Yusuf, yang dibawa orang Israel dari Mesir, dikuburkan mereka di Sikhem, di tanah milik yang dibeli Yakub dengan harga seratus kesita dari anak-anak Hemor, bapa Sikhem, dan yang ditentukan bagi bani Yusuf menjadi milik pusaka mereka. (Yosua 24:32)

Kuburan Yusuf, masih berdiri sampai sekarang.

Sedikit membuat kita terenyuh kepada para pemeluk agama, yang berebut tentang makam ini. seperti yang terjadi pada tahun 2001. Ketika IDF meninggalkan kuburan ini, orang Palestina masuk dan menghancurkan kuburan ini. Mereka yang mayoritas muslim sebenarnya, menganggap yusuf adalah nabi mereka juga. apakah karena yahudi sampai harus di musuhi, ini juga tidak jelas sebab nabi2 Islam kebanyakan yahudi.

Sebelum dikuasai Palestina:

Sesudah dikuasai Palestina:


Kitab Suci Yahudi yang dibakar:


Seperti masjid Al-Aqsa yang didirikan di atas bait suci Yahudi dan Kristen di Yerusalem, Muslim Palestina juga merubah kuburan yusuf menjadi tempat pesiarah dengan dicat hijau sebagai simbol Islam :



Terlepas dari sentimen berlebihan beberapa pihak, cerita tentang Yusuf tepat seperti yang digambarkan dalam Alkitab dan buktinya masih ada sampai sekarang.

Bukan saja bukti dari Alkitab tetapi dari Alkitab juga ditemukan antara lain, koin Zaman Yusuf.

Nama Yusuf sendiri terukir (dua kali), pertama dalam bahasa hieroglyphs sebagai Joseph (Yusuf) dan dalam bahasa Mesir disebut Saba Sabani . Nama Saba Sabani ini diberikan Firaun kepada Yusuf sebagai pejabat administrator pemerintahannya.

Kejadian: 37:28
Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.



Alkitab sekali lagi membuktikan secara tepat. Bagaimana Yusuf di Mesir lewat penemuan koin tersebut, beserta panggilan Yusuf yang diberikan oleh Firaun. Disamping itu Alkitab sekali lagi terbukti dengan adanya kuburan Yusuf sampai sekarang. Yusuf mati di Mesir tetapi Alkitab mengatakan Yusuf memberi pesan kepada orang Israel tentang tulang-tulangnya dibawa dan dikubur di Israel. Dengan dipimpin Musa Orang Israel akhirnya meninggalkan Mesir.
Sekali lagi, selalu ada cerita menarik dari Alkitab yang bisa diambil sebagai pelajaran, ilmu dan referensi sejarah yang valid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my song

Pengikut