Selasa, 25 Januari 2011

ALKITAB : TENTANG BINATANG PURBA


Alkitab sering menyebut tentang binatang raksasa (Behemoth), tetapi untuk membuktikan bahwa binatang raksasa ini yang di maksud dalam alkitab tentang Dinosaurs dll, sangat sukar. Untuk itu kita membutuhkan sumber lain yang mendukung perkataan alkitab di samping Fosil binatang itu sendiri [....]

Sumber –sumber di luar injil terdapat dalam tulisan BH Ugaratic yang di sebut ëgl il ëtk artinya adalah “lembu jantan yang ganas,El” (Pope 1965, 321; KTU 1.3 III 44). Tulisan menggambarkan binatang yang memiliki tanduk seperti banteng, dan bentuk seperti kerbau, dan wajah seperti baal (Ibid; KTU 1.12 I 30-33). Binatang ini sama dengan yang di gambarkan bangsa Sumeria dan Akkadian yang di sebut ”banteng Surga” ("bull of heaven") yang di bunuh oleh Gilgamesh dan Enkidu dalam tulisan berjudul (langsung buka disini): http://www.wsu.edu/~dee/MESO/GILG.HTM
(Ibid., 322; ANET, 83-85; Heidel 1946, 53-55, Lihat gambarnya dibawah).

Ayub menggambarkan tentang kuda nil dalam Ayub 40:21-23 di sekitar danau Huleh yang bentuknya seperti kerbau. Ekornya seperti cabang cedar yang dapat dengan mudah menekuk atau bergoyang (Pope menggambarkan sebagai gairah seksual). Ini tidak menunjukan bahwa ekornya besar atau panjang seperti yang di katakan Ayub 40:21-23.

“Di bawah tumbuhan teratai ia menderum, tersembunyi dalam gelagah dan paya. Tumbuhan-tumbuhan teratai menaungi dia dengan bayang-bayangnya, pohon-pohon gandarusa mengelilinginya.”
Ayub 40:21-23

Alang-alang dan teratai tidak dapat menyembunyikan dinosaurus besar....jadi ????


Gilgamesh Epic

The Epic of Gilgamesh menggambarkan pertempuran dengan “Banteng Surga”. Enkidu membunuh banteng dengan tanduknya.”banteng surga berbusa di wajahnya, dia memegang ekor banteng, kemudian menusuk banteng diantara tengkuk dan tanduk dengan pedangnya.” (Sandars 1972, 88; ANET, 85, 505)
Gilgamesh juga bertempur melawan monster lainnya yang disebut ”Huwawa” (bahasa Babylon) atau ”Humbaba” (bahasa Assyria) yang tinggal di hutan rimba. Huwawa digambarkan dengan kekuatanya : ”Mengaum bagaikan petir, mengeluarkan api dari mulut dan nafasnya adalah kematian” (ANET, 79; Jacobsen, 200). Ini tidak di maksudkan dengan nafasnya adalah api, tetapi nafas yang keluar dari hidung di pagi hari atau seperti kita bernafas di udara dingin.

NAGA

Alkitab King James Version menggunakan bentuk “naga” berasal dari kata dalam bahasa yunani Drakon yang berarti “Serpent” yang berarti ular.inimenunjukan monster dengan bentuk tubuh seperti Ular. Dalamalkitab berbahas yunani menggunakan kata Drakon 12 kali dalam kitab Wahyu dan di terjemahkan KJV menjadi “Naga” (wahyu 12-13,16:13,20:2). Naga dalam Wahyu berkepala Tujuh mirip dengan leviathan (raksasa) di Ugaratic juga dalam kitab Mazmur menyebut Lewiatan, tepatnya:

mazmur 74:14
Engkaulah yang meremukkan kepala-kepala Lewiatan, yang memberikannya menjadi makanan penghuni-penghuni padang belantara.

wahyu 20:2
Setan di sebut sebagai naga dan ular dalam Wahyu:
ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,

Dalam Perjanjianlama dari KJV menggunakan kata “naga” dari kata Ibrani tannim yang artinya “jackals” yang artinya ”serigala” dan tannin (huruf akhir n) berarti ”ular” atau monster laut (BDB, 1072; Gesenius, 868-9). Kelihatannya KJV mengalami mis-tranlate dengan dua kata berbeda. Tannim berasal dari kata dasar tan yang berarti ”Melolong” dan tannin dari kata dasar tanan”berasap ”atau ”asap”. Serigala (jackals) di kenal karena ”lolongan” mereka dan tersebar di suatu wilayah.Tannin atao”asap” berasal dari dengusan Ikan Paus atau dengusan Hewan yang terlihat seperti uap (asap) akibat panas tubuh dari dalam. Di mana Nafas panas yang keluar dari Hidung terlihat seerti asap. Inilah awal cerita di mana Nafas naga adalah api.
Jadi satu poin penting, bahwa dalam bahasa ibrani tidak menunjukan tentang”naga”


Dalam tulisan atau cerita tentang Bel and the dragon di adopsi oleh Daniel. Daniel mengekspose Harga yang harus dibayar tentang kepercayaan terhadap Tuhan. Darius kemudian ingin membunuh mereka.

“Daniel then feeds the living dragon pitch, fat and hair so that it dies.”


Raja Darius kemudian memasukan Daniel ke Gua Singa tetapi Malikat Tuhan menutup mulut singa – singa itu. Setelah Daniel selamat, raja Darius dengan kemarahannya memerintahkan musuh –musuh Daniel untuk di masukan ke dalam gua singa, sebelum tubuh mereka tiba di dasar gua, singa –singa itu telah menerkam mereka.

Jadi kata “Naga” dalam bahasa Yunani ”Drakon” (Inggris: Dragon) bukanlah Dinosaurs. Zaman Babylon di gambarkan Dewa Nina dalam bentuk ”Ular” (IBSE, Vol.1, 428-9). Beberapa Fosil dari Monster di temukan pada zaman, sehingga pada zaman dahulu mereka sukar menggambarkan bentukasli dari Fosil tersebut. Inilah yang oleh para pakar di katakan sebagai kesalahan penafsiran wujud fosil.

Raksasa
Dalam buku: Homer’s book Odyssey (Book 9), tanah Odysseus terdapat seorang raksasa yang di sebut Cyclopes (Raksasa Bermata satu). Surat dari sejarawan Yunani Thucydides pulau tersebu adalah Sicily pada slopes dari gunung Etna adalah rumah dari Raksasa Cyclopes.

Tulang raksasa dengan mata satu telah di temukan pada abad pertengahan, Tetapi bentuk Tulangnya adalah Mastodon bukan Tulang manusia. Bentuk tulang mastodon terlihat seperti raksasa bermata satu,dengan mata tepat di tengah-tengah tengkorak kepala.


Banyak Fossil yang telah di temukan tentang manusia raksasa, atau malaikat yang mungkin saja jatuh dari Surga (guyon kali !). salah satu di antaranya tulang yang di temukan di pulai kreta denganpanjang 35 feet (Gayard-Valy, 15-18).

Mei 2009, Seorang tukang ledeng yang sedang bekerja di sebuah proyek diluar sekolah Dallas Utara tanpa sengaja menemukan sebuah tengkorak misterius. "Kita semua tahu kalau itu adalah tengkorak primata," Kata David Evans, 25 tahun, sang penemu dari Alvarado. "Hanya kami tidak tahu dari jenis apa."


Dr Dana Austin yang mengobservasi foto-foto tengkorak tersebut mengatakan bahwa tengkorak itu berasal dari seekor "primata kuno", kemungkinan seekor monyet atau simpanse.

February 5, 2003 — The fossil of a giant animal—much bigger than modern elephants—has been unearthed on the Greek island Crete. The extinct animal's extremely large nasal opening could have been the inspiration for Cyclops, a race of giants in Greek mythology with a single eye in the middle of the forehead

UNICORNS
KJV beberapa kali menulis kata Unicorn yakni dalam
Ulangan 33:17
Ayub 39:9,10
Mazmur 22:21; 29:6; 92:10
Yesaya 34:7
mungkin saja dari kata reem yang berarti ”sapi liar” dalam bahasa latin disebut Unicornis

Keberadaan unicorn mungkin datang dari Fosil rhinoceros yang di temukan di abad pertengahan. Dari fosil tersebut tampakseperti UNICORN (Gayrard-Valy, 22).

Setahu saya Rhino Fosil adalah untuk Rusa ya !!!!!


LEVIATHAN
Leviathan atau Lewiatan adalah bentuk umum dari binatang laut yang berukuran besar. Kata Lewiatan disebut enam kali dalam perjanjian lama.


Ayub 3:8
Ayub 3:8 mengatakan:
Biarlah ia disumpahi oleh para pengutuk hari, oleh mereka yang pandai membangkitkan marah Lewiatan.

KJV tidak memakai kata “atau”Lewiatan,sedangkan bahasa ibrani memakai kata /tywl artinya “Lewiatan”. Apapun itu masih menjadi misteri sampai sekarang.

Berbagai Pengamatan dalam sejarah:
1555
Pada tahun 1555 Olaus Magus menulis buku yang berjudul Historia de Gentibus Septentrionalibus yang menggambarkan sebuah monster ikan, "bentuk yang mengerikan, dengan kepala yang aneh, dengan bentuk yang aneh dari tanduk dengan dua belas capit yang hitam dengan mata yang besar dll
(Ellis 1994, 124) (Ibid, 265) (Ibid, 129).

1633
Monster laut dengan tujuh Ekor Ibid, 126)
In 1632 a sea monster was said to have seven tails with eyes (Ibid, 126).
1673
Monster laut dengan kepala dua dan 10 tanduk
1845
Air mendidih dan tampak seekor ular raksasa bergerak di bawah permukaan air (Ibid., 366-7).
1879
Raksasa laut berputar menyebabkan gelombang laut yang besar (Ibid.36) Frederick Aldrich, menjelaskan panjang 20 Foot dan dipercaya dapat tumbuh sampai 150 feet panjangnya (Ibid,128)


===================================================================
Bibliography
Aelian: On the Characteristics of Animals. 1959. Trans. by Scholfield. Cambridge: Harvard University Press.
ANEP: Ancient Near East in Pictures Relating to the Old Testament. 1969. 2nd Ed. By James Pritchard. Princeton: Princeton University Press.
ANET: Ancient Near Eastern Texts Relating to the Old Testament. 1969. Princeton: Princeton University Press.
Apollonius, Rhodius. 1912. The Argonautica. Trans. by R.C. Seaton. London: Heinemann.
BAR: Biblical Archaeology Review 21:4 (July/August, 1995).
Black and Green. 1992. God, Demons and Symbols of Ancient Mesopotamia. Austin: University of Texas.
BDB: Brown, Driver, and Briggs. 1980. Hebrew and English Lexicon of the Old Testament. Oxford: Clarendon Press.
Bowker, John. 1969. The Targums and Rabbinic Literature. Cambridge: Cambridge University Press.
Charlesworth, James. 1983. The Old Testament Pseudepigraphia. Vol. 1. Garden Gity: Doubleday.
Creation/Evolution. P.O. Box 9477, Berkeley, CA 94709. Tel. (510) 526-1674.
Ellis, Richard. 1994. Monsters of the Sea. New York: Knopf.
Gayrard-Valy, Yvette.1994. Fossils: Evidence of Vanished Worlds. New York: Abrams.
Gibson, J.C.L. 1978. Canaanite Myths and Legends. 2nd Ed. Edinburgh: T&T Clark.
Heidel, Alexander. 1942. The Babylonian Genesis. Chicago: University of Chicago Press.
Homer. 1919. The Odyssey. Trans. By Murray. Loeb Classical Library 104-5. Cambridge: Harvard University Press.
ISBE: International Standard Bible Encyclopedia. 1939. Ed. By James Orr. Grand Rapids: Eerdmans.
Keel, Othmar. 1978. The Symbolism of the Biblical World. Trans. By Timothy Hallett. New York: Seabury Press.
Keil and Delitzch. 1976. Commentary on the Old Testament. Rpt. Grand Rapids: Eerdmans.
Martinez, Florentino. 1996. The Dead Sea Scrolls Translated. 2nd ed. Grand Rapids: Eerdmans.
Pope, Marvin. 1955. El in the Ugaritic Texts. Leiden: E.J. Brill.
. 1965. The Anchor Bible: Job. Garden City: Doubleday.
Sanders, N. 1972. The Epic of Gilgamesh. New York: Penguin.
TDOT: Theological Dictionary of the Old Testament. 1974. Ed. By Botterweck and Ringgren. Trans. By John Willis. Grand Rapids: Eerdmans.
Wallace, H. 1949. "Leviathan and the Beast of Revelation" BA 11= BA Reader I:290-98.
Wilson, Kinnier. 1975. "A Return to the Problem of Behemoth and Leviathan" VT 25:1-14

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

my song

Pengikut