Selasa, 25 Januari 2011

MESIN BIG BANG : ASAL USUL TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA


ZURICH (Reuters)—Para Ilmuwan sedang meneliti tumbukkan partikel untuk pertama kali pada terowongan sepanjang 27 kilometer dibawah perbatasan Perancis-Swis untuk mempelajari ledakkan yang menyebabkan terbentuknya Alam semesta yang kita kenal dengan Teori Big bang.

Para ilmuwan dari European Organisation for Nuclear Research (CERN) berharap, eksperimen ini dapat memberikan petunjuk terbentuknya alam semesta dalam beberapa bulan ke depan saat partikel terbesar didunia di uji cobakan.

”ini adalah perkembangan yang menarik sampai sejauh ini,”kata Direktur CERN Rolf Heur tentang percobaan ini, yakni menabrakkan Dua partikel sub-atomik disekitar cicin dengan berbagai posisi yang berlawanan.


Ini hanya tiga hari sejak “Big bang Machine,” atau Larga Hadron Collider (LHC), di uji cobakan kembali setelah mengalami kerusakan 14 bulan lalu, atau 10 hari setelah uji coba pertamanya.

Awalnya, Fisikawan Steve Myers mengatakan kepada Reuters bahwa sampai 2011 proton akan ditabrakkan dengan kecepatan puncaknya yang mendekati $10 billion experiment, Yang melibatkan Ilmuwan dari berbagai negara.


Kunci dari proyek Penelitian CERN adalah untuk mengetahui bagaimana terbentuknya alam semesta, setelah terjadinya ledakan bintang (Big bang) 13,7 juta tahun yang lalu dan melepaskan berbagai energi diantaranya terbentuknya matahari, bintang, Planet dan kehidupan itu sendiri.


Eksperimen yang dilakukan CERN didekat Genewa dekat kaki bukit dari gunung Jura-Perancis dimana tabrakan Partikel ini memproduksi energi yang mendekati peristiwa Big bang.
LHC beroperasi dalam kondisi yang mirip dengan kondisi ledakan awal yaitu ½ miliar perdetik


Para ilmuwan sekarang berencana meningkatkan intensitas dan akselaerasi tabrakan parikel sehingga mereka bisa mendapatkan data, sebelum natal tahun ini diharapkan sudah dilakukan.
Jadi ingat Film Tom hanks, ”Angels and Demons” dimana ”Particlel Of God” (Partikel Tuhan)dibuat dan di curi setelah uji coba yang dilakukan, yang kekuatanya sangat menakjubkan, juga dengan berbagai peristiwa dan kata seperti illuminaty dll.
Ada-ada saja manusia....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my song

Pengikut